Ndilalah Kersane Allah

Suka MU …? pasti tahu dong “ chicarito hernandez “ . Iya … chicarito terkenal dengan goal – goal alamiah. Ia selalu mencetak goal dengan gaya khasnya. Mau dari kepala menukik atau dengan kaki kepleset. Banyak orang menyebutnya hoki / ngecak / kebetulan atau juga ndilalah. Angkatan 90’an juga mengenal sosok F.Inzaghi yang terkenal dengan goal – goal kebetulannya.

foto unik lukisanLalu apa benar goal tersebut tercipta karena kebetulan. Bukannya pemain mempunyai niat dan tujuan untuk mencetak goal sebelum bertanding, Bukannya pemain juga diajarkan mencari posisi yang tepat, Bukannya juga pemain mencetak goal dengan gerakan kaki atau kepala yang dihasilkan dari olah pikiran dan hatinya saat itu.

Inilah yang rancu selama ini, istilah “kebetulan” dengan “kebenaran” selalu diartikan berbeda. Kebetulan yang dalam bahasa inggrisnya “blessing in disguise”, bahasa arabnya “min haitsu la yahtasib” dan bahasa awamnya “ndilalah”. Dipakai untuk menjelaskan nasib baik yang tak disengaja.

Sedangkan “kebenaran” sama juga dengan “the thruth” atau “al-haq”. yang biasanya dipakai untuk menjelaskan ayat-ayat tuhan,hukum dan sebagainya. Pertanyaan kita kembali apakah kebetulan dan kebenaran benar – benar tak serupa? apa iya …? Coba renungkan sejenak. (abdul azis hasan )

Iklan