Manusia Berkemaluan

Runtuhnya budaya malu di negeri sudah tak bisa di elakkan lagi, Ketua partai jadi tersangka korupsi tapi masih gagah perkasa pecat sana – pecat sini. Capres sujud syukur padahal tahu kalau kemenangannya bohongan. Artis bangga karena video bokepnya dengan Angggota DPR bisa dinikmati rakyat seantero tanah air.

urlNah melihat fenomena tersebut apa iya sebagai manusia modern kita benar – benar menjadi manusia yang modern seutuhnya. Apa seolah – olah modern? mari kita berfikir dan berintropeksi bersama…

Kita boleh dong menoleh kebelakang, lihat orang – orang sebelum kita, bagaimana mereka mengajarkan hidup beretika. Beretika itu sebenarnya berangkat dari rasa malu. pun sopan santun dan ramah tamah.

Tapi nyatanya kita kembali ke zaman purbakala, nilai – nilai kebaikan yang diajarkan tersebut menghilang. Orang lebih menjunjung tinggi hukum. padahal diatasnya itu ada etika. Kehidupan nggak hanya soal benar ataupun salah . tapi juga mengandung unsur pantas atau tidak pantas. Nah disitu etika berada.

Sebenarnya nabi sebagai panutan kita sudah jauh – jauh hari mengajarkan etika yang sesuai. Kita tahu dan paham itu. sayangnya cuman jadi hafalan dalam ilmu pengetahuan sejarah tanpa mempraktekan nilai – nilai yang diajarkannya dalam kehidupan sehari – hari. parahnya Amir dan Ulama banyak yang nggak sadar juga memperlihatkan ketidakmaluan mereka. Khususnya ulama – ulama yang sidejob jadi politisi ….

Pak Surya Darma tahu betul tentang ini, iya kan pak? … heuheu

Iklan